0541-7773797
info@sman5samarinda.sch.id
Jl. Ir.H.Juanda No.01 RT.17, Air Putih
blog-img
17/11/2021

TIM SMAN 5 SAMARINDA BERHASIL JUARA DAN MERAIH 4 PIALA SEKALIGUS PADA LOMBA ROBOTIK TINGKAT PROVINSI

Admin SMALA | Prestasi

     Siswa-siswi SMA Negeri 5 Samarinda kembali membawa harum nama sekolah di bidang tekhnologi, tidak tanggung lagi mereka berhasil membawa 4 piala sekaligus dalam ajang lomba "Kontes Robot Cerdas Tingkat Provinsi Kalimantan Timur" yang diselenggarakan mulai tanggal 8 November 2021 sampai 11 November 2021 di POLNES Kalimantan Timur. SMA Negeri 5 Samarinda mengirimkan 2 tim untuk mengikuti perlombaan ini dan Piala yang berhasil diraih yaitu Piala Juara 1 KRC, Piala Juara 2 KRC, Piala MPV / Tim Terbaik, dan Piala bergilir KRC.

     Keikutsertaan SMA Negeri 5 Samarinda pada ajang Kontes Robot Cerdas ini merupakan pengalaman pertama. Tim robot dibagi menjadi 2 kelompok yaitu Tim robot "SMALAND" dengan anggota Fauziyatunnisa kelas XII MIPA 1 dan Fernando Michael Adnan kelas XI MIPA 4. Lalu Tim robot "METAMORFUTURE"  dengan anggota Nola Febriana Saputri kelas XII MIPA 1 dan Fascal Rasyid Akbar kelas X IPS 1. Robot yang digunakan untuk lomba robotik ini menggunakan robot analog dengan sistem kerja mengikuti sensor garis / warna, dibutuhkan kalibrasi yang akurat agar robot bisa berjalan dengan baik mengikuti lintasan yang dibuat oleh penyelenggara lomba. Untuk perakitan robot, latihan kalibrasi robot dan pelaksanaan lomba, Tim robotik ini didampingi oleh pembinanya guru SMA Negeri 5 Samarinda yaitu Pak Ahmad Nur Hidayat, S.Kom dan Ibu Khansa Hanifa, S.Pd. Tim ini juga mendapatkan bekal tambahan ilmu dengan mengikuti workshop robotik yang diselenggarakan oleh ITFEST POLNES.

Robot SMALAND dan Robot Metamorfuture

     Pada babak penyisihan tim robot SMALAND mengalami kerusakan pada komponen robotnya beberapa menit sebelum lomba dimulai, untungnya dengan gesit tim SMALAND langsung mengecek dan memperbaiki robotnya, akhirnya kedua tim berhasil masuk ke babak semifinal yang diambil berdasarkan sistem ranking terbaik. Tim METAMORFUTURE lolos sabagai ranking 1 dan tim SMALAND ranking 4.

     Pada babak semifinal lintasan diberi rintangan berupa jembatan yang harus dilewati untuk mencapai finish, sistem pertandingan dilaksanakan dengan sistem Round Robin, setiap tim diberikan kesempatan, bertanding sebanyak 3 pertandingan dengan lawan yang berbeda, setiap tim yang menang mendapatkan 3 point. Akhirnya kedua tim perwakilan dari SMA Negeri 5 Samarinda berhasil masuk ke babak final untuk memperebutkan Juara 1 dan Juara 2.

     Pada babak final lintasan kembali deberikan rintangan, dan ada penambahan beberapa jalur lintasan. Tim METAMORFUTURE mengalami kendala saat robot masuk lintasan, terutama saat melewati penambahan lintasan yang baru, sensor robot tidak bisa membaca dengan baik lintasan sehingga berulangkali harus dilakukan kalibrasi. Sedangkan robot tim SMALAND bisa berjalan dengan lancar mengikuti lintasan, dan akhirnya Tim SMALAND berhasil menjadi Juara 1 pada lomba Kontes Robot Cerdas ini. Tim SMALAND berhasil meraih 2 piala yaitu Piala Juara 1 KRC dan Piala bergilir KRC, Tim METAMORFUTURE berhasil menjadi Juara 2 dan mendapat MPV / tim terbaik karena akumulasi pada pertandingan-pertandingan babak sebelumnya berhasil mendapatkan point tertinggi dari semua tim yang ikutserta. Kedua tim juga mendapatkan hadiah uang pembinaan dari penyelenggara lomba.

     Tanggapan dari kepala sekolah SMAN 5 Samarinda ibu Dra. Budi Setiyowati, M.Pd. " Asalamualaikum warohmatulohiwabarokatuh, alhambdulilah kita tidak menyangka tim robotik Smala meraih 2 juara sekaligus. SMALA final. Biasanya dalam pertandingan badminton hal itu terjadi tapi kali ini terjadi dalam kontes robotik yg diikuti pertamakali oleh tim smala. Luar biasa terima kasih juga kepada pembimbing sekaligus pendamping tim robotik smala yaitu bpk Ahmad & ibu Khansa. Semoga kedepannya bisa meraih kesuksesan tdk hanya di dalam kota Samarinda saja tetapi bisa berkiprah di luar kota Samarinda. Sekali lagi saya ucapkan selamat & terima kasih"

Berikut kesan dan pesan dari anggota tim METAMORFUTURE :

Kesan dan pesan yang disampaikan Nola dan Fascal "Pada kontes robot cerdas kali ini sangat bermanfaat bagi diri saya sendiri dan tentu nya orang banyak siapa sangka ternyata saya dan teman-teman saya bisa juara pada kontes robot ini! Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan saat mengikuti kontes ini, bahkan menambah semangat dan rasa percaya diri saya untuk mengikuti lomba apapun di bidang TIK. Tidak hanya melatih bakat yang saya punya namun juga menambah pengalaman serta pelajaran yang dapat di ambil. Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah serta guru-guru SMAN 5 Samarinda yang telah memberi kami dukungan yang tiada habisnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Ahmad Nur Hidayat dan ibu Khansa Hanifah yang telah menjadi pembimbing yang baik untuk kami.
semoga kedepannya SMAN 5 SAMARINDA terus menghadirkan lomba-lomba yang bisa menyalurkan bakat serta menambah pengalaman siswa/i, terutama bagi yang mempunyai bakat di bidang TIK, dan bidang lainnya. Sehingga dapat mengharumkan nama sekolah SMAN 5 SAMARINDA serta melahirkan siswa/i yang teladan di bidang TIK SMAN 5 SAMARINDA."

Berikut tanggapan dari tim SMALAND :
Kesan dan pesan yang disampaikan Faiziyatunnisa dan Fernando "Sebenarnya saya tidak berharap banyak pada lomba ini, saya hanya ingin memperluas pengalaman saya di bidang TIK ini dengan mengikuti kontes robot cerdas. Namun siapa sangka ternyata saya dan teman-teman saya bisa juara pada kontes robot ini! Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan saat mengikuti kontes ini, bahkan menambah semangat dan rasa percaya diri saya untuk mengikuti lomba apapun di bidang TIK. Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah serta guru-guru SMAN 5 Samarinda yang telah memberi kami dukungan yang tiada habisnya. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Ahmad Nur Hidayat dan ibu Khansa Hanifah yang telah menjadi pembimbing yang baik untuk kami.
Semoga kedepannya akan banyak penerus kami yang mempunyai bakat dan minat di bidang TIK ini, sehingga banyak tercipta siswa-siswi yang teladan di bidang TIK SMALA."

 

Bagikan Ke:

Populer