0541-7773797
info@sman5samarinda.sch.id
Jl. Ir.H.Juanda No.01 RT.17, Air Putih
blog-img
15/10/2021

SISWA SISWI SMAN 5 SAMARINDA MERAKIT ROBOT ANALOG

Admin SMALA | Prestasi

     Dalam rangka mengembangkan potensi siswa-siswi SMA Negeri 5 Samarinda khususnya di bidang teknologi, beberapa siswa-siswi mengikuti kegiatan workshop perakitan robotik. Dalam perakitan robotik kali ini, robot yang digunakan adalah robot analog. Peserta dibekali ilmu tentang robotik, dari mulai jenis-jenis robot, komponen-komponen yang digunakan untuk merakit robot, dan langsung mempraktekan bagaimana merakit robot sampai berhasil.
     Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini antara lain, Nola Febriana Saputri kelas XII MIPA 1, Fauziyatunnisa kelas XII MIPA 1, Fernando Michael Adnan kelas XI MIPA 4, Adelia Briegitha Massang kelas XI MIPA 4, dan didampingi oleh guru pembimbing yaitu Pak Ahmad Nur Hidayat, S.Kom. dan Ibu Khansa Hanifa, S.Pd.

     Kegiatan workshop ini dilaksanakan di POLNES, perakitan robotik ini merupakan pengalaman pertama para siswa-siswi tersebut. Setelah mengetahui semua komponen-komponen robot, mereka mulai mengelompokan komponen-komponen apa saja yang dibutuhkan, lalu menyolder komponen-komponen tersebut ke board robotiknya dengan teliti dan hati-hati. Sampai akhirnya mereka berhasil merakit robot analog pertama mereka, dan pada saat dioprasikan robot berjalan dengan baik. Robot analog yang mereka buat menggunakan sensor line, dengan sistem seperti itu maka robot akan mengikuti line / rute jalan yang sudah dibuat dengan mengandalkan sensor yang terpasang di robot tersebut. Diperlukan kalibrasi yang akurat agar robot bisa berjalan dengan lancar mengikuti line. Mereka melakukan kalibrasi robot dengan waktu yang cukup singkat dan akhirnya robot bisa berjalan dengan sempurna. 

     Saat ini teknologi semakin berkembang, semoga dengan ilmu yang didapat pada kegiatan ini bisa memotivasi seluruh siswa untuk mengembangkan potensinya, meningkatkan daya tarik terhadap segala jenis keilmuan yang positif, dan bisa mengikuti perkembangan zaman salah satunya di bidang teknologi. 


 

 

Bagikan Ke:

Populer