0541-7773797
info@sman5samarinda.sch.id
Jl. Ir.H.Juanda No.01 RT.17, Air Putih
blog-img
15/04/2022

PESANTREN KILAT RAMADHAN SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Admin SMALA | SMAN 5 SAMARINDA

Marhaban ya Ramadhan, tidak terasa kita sudah mulai memasuki bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Dua tahun lebih kita melewati bulan Ramadhan di tengah pandemi covid-19.  Aktifitas sekolah yang sudah mulai diperbolehkan secara tatap muka, membuat Ramadhan kali ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu diterapkannya era new normal pada setiap aktifitas di sekolah. 
Pesantren Kilat Ramadhan merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.
Sempat terhenti aktifitas Pesantren Kilat karena pandemi tahun lalu, kini SMA Negeri 5 Samarinda kembali mengadakan Pesantren Kilat Ramadhan 1443 H dengan menerapkan protokol kesehatan era new normal.

SMAN 5 Samarinda mengadakan program Pesantren Kilat selama 3 hari, dimulai dari hari Senin 11 April hingga Rabu 13 April 2022. Pelaksanaan Pesantren Kilat ini dikuti oleh seluruh siswa kelas X sebanyak 342 siswa. Tim pada pesantren kilat kali ini terdiri dari narasumber dan pembimbing sebanyak 12 Guru, serta anggota ekskul IRMA.
Pelaksanaan Pesantren Kilat kali ini terdapat beberapa materi yang diberikan yaitu, Keutamaan Sholat Dhuha, Adab Membaca Al-Quran, Taharah, Praktek Wudhu, Praktek Tayamum, Parktek Mandi Wajib, Kaifiah Sholat Fardhu, Praktek Sholat Tahajud, Praktek Menjama, Mengqashar, dan Mengqadha Sholat. Selain diberikan materi tersebut, siswa juga wajib mengikuti kegiatan Sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur bersama, membaca Al-Quran dan menghapal surah-surah pendek.

Hari terakhir Pesantren Kilat Ramadhan 1443 H Rabu (13/04/2022). SMAN 5 SAMARINDA melaksanakan buka puasa bersama dengan perwakilan 10 siswa perkelas bersama Tim Pesantren Kilat di masjid Al Muttaqin sekaligus melaksanakan Sholat Magrib bersama.
Terlepas  dari berat atau tidaknya belajar dalam keadaan berpuasa, bulan Ramadhan sejatinya bisa menjadi momen untuk melatih kedisiplinan dan juga meningkatkan keimanan. Disiplin dalam menjalankan ibadah puasa dan mengikuti pelajaran menjadi dua hal yang bisa dijalani secara bersamaan.
Dengan adanya Pesantren Kilat harapannya, siswa dapat meningkatkan pemahaman keagamaan dan budi pekerti sehingga siswa dapat menjadi muslimin dan muslimat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
“Alhamdulillah, kami telah melaksanakan Pesantren Kilat Ramadhan selama tiga hari mulai tanggal 11-13 April 2022. Dalam hal ini pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan SMAN 5 Samarinda tujuannya memberikan penanaman nilai, agama dan kebersamaan tentang masalah intelektual kepada anak didik supaya bisa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu juga, Pesantren Kilat Ramadhan untuk meningkatkan spritual dan meyakinkan kepada anak tentang masalah agama yang dapat diamalkan dengan sebaik mungkin, baik dalam pelajaran maupun dalam kehidupan bermasyarakat”. Ungkap Ketua Panitia Pesantren Kilat Ramadhan Drs. H. Abubakar. H, M.Pd.

Kepala Sekolah SMAN 5 Samarinda Dra. Budi Setyowati, M.Pd. menyampaikan tanggapannya tentang Pesantren Kilat Ramadhan “Sangat bagus dengan adanya Pesantren Kilat ini diharapkan perilaku/ahlak siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari termasuk di lingkungan sekolah sesuai dengan yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.  Siswa-siswi sangat bersemangat dalam mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan. Mudah-mudahan melalui Pesantren Kilat ini siswa-siswi SMAN 5 Samarinda bisa menjadi siswa-siswi yang berahlak mulia”.

 

 

 

Bagikan Ke:

Populer