0541-7773797
info@sman5samarinda.sch.id
Jl. Ir.H.Juanda No.01 RT.17, Air Putih
blog-img
31/01/2022

PERTAMA KALI IKUT LOMBA E-SPORT MOBILE LEGEND SISWA SMAN 5 SAMARINDA RAIH JUARA

Admin SMALA | Prestasi

     Siswa SMA NEGERI 5 Samarinda berhasil membawa piala dan sertifikat Lomba CHAMPION  SMK TI AIRLANGGA tingkat SMA/SMK Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan pada tanggal 5 Januari 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh SMK TI AIRLANGGA, tepatnya di Universitas Mulia. Siswa yang ikut berpartisipasi ialah Iqbal Maulana kelas XII IPS 2, Muhammad Arif Fathoni kelas XII IPS 4, Rizky Aldo Pradipa kelas XII IPS 4, Andhika Lie Prawira Utama kelas XII IPS 1, Adrian Ramadhani kelas XII IPS 4, dan Adiyatma kelas XI MIPA 2 berhasil meraih juara 3 dengan nama tim Hakuna SMALA pada Lomba e-sport Mobile Legend.

     Peminat game Mobile Legend dari SMAN 5 Samarinda sendiri sangatlah banyak sehingga pihak sekolah menyelenggarakan seleksi mencari perwakilan terbaik untuk diikutsertakan dalam perlombaan. Saat itu ada 7 tim yang harus diseleksi yaitu Tim Hakuna, Tim Dwiko Gaming, Tim Karo, Tim Ion, Tim Indo Toxix, Tim Zeta, dan Tim Revier, masing-masing tim terdiri dari 5 orang. Panitia Penyeleksi guru SMA NEGERI 5 Samarinda Bapak Ahmad Nur Hidayat, S.Kom,  Bapak Muhammad Rizky Rahmadhani, pengurus OSIS SEKBID 4 dan SEKBID 9. Cara kerja seleksinya ialah apabila ada tim yang gugur dalam pertandingan maka tim tersebut dinyatakan gagal mewakili sekolah dan tim yang memenangkan pertandingan secara terus menerus maka tim tersebutlah yang berhasil menjadi perwakilan sekolah. Seleksi dilaksanakan tanggal 29 Desember 2021 pukul 07.30 - 16.00 WITA. Pada akhirnya, dengan usaha dan perjuangan yang panjang Tim Hakuna SMALA dan Tim Zeta SMALA terpilih menjadi perwakilan sekolah.

     Pada lomba e-sport Mobile Legend di babak final untuk perebutan juara 3, Tim Hakuna SMALA bertemu dengan tim tuan rumah SMK TI Airlangga dengan skor akhir 2:0 yang dimenangkan oleh Tim Hakuna SMALA. Menurut Tim Hakuna lawan terkuat selama perlombaan SMK Bhakti Loa Janan karena tim dari sekolah tersebut, Tim Hakuna SMALA gagal mendapatkan juara 1 dan 2.
     Lomba e-sport Mobile Legend sangat mengutamakan kerjasama, komunikasi, dan yang paling penting waktu, karena dalam dunia e-sport pertimbangan waktu sangatlah berpengaruh. Tim Hakuna SMALA mengakui bahwa mereka mendapatkan banyak ilmu dari ketiga hal tersebut dan beruntungnya pada saat perlombaan mereka dapat menerapkan tiga hal tersebut dengan baik.

     Tim Hakuna SMALA mengatakan, ”Dengan hasil yang kami peroleh semoga kedepanya untuk bidang e-sport lebih dikembangkan dan diperhatikan oleh pihak sekolah. Banyak sekali siswa yang berbakat dibidang tersebut. Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, pembimbing, bapak/ibu guru, dan juga teman-teman yang telah memberikan kami doa maupun dukungan.”

     Tanggapan dari guru SMA Negeri 5 Samarinda sekaligus pembimbing Tim e-sport Ahmad Nur Hidayat, S.Kom, "Alhamdulillah Tim Hakuna SMALA  bisa meraih hasil juara. Pencarian dan pembentukan tim e-sport ini bisa dibilang sangat singkat, dan merupakan tim e-sport SMA Negeri 5 Samarinda pertama yang berhasil dibentuk. Kami dibantu pak Rizky yang sudah berpengalaman pernah menjadi juara e-sport tingkat nasional untuk menyelenggarakan seleksi ini baik tim maupun individu untuk menghasilkan tim terbaik. Antusias dan peminat seleksi ini cukup banyak, kami menemukan beberapa tim dan player individu yang memiliki potensi yang baik untuk e-sport Mobile Legend ini. Akhirnya kami pilih Tim Hakuna SMALA dan Zeta SMALA sebagai perwakilan sekolah. Untuk persiapan menghadapi lomba ini, tim berlatih di luar jam sekolah, dengan penuh semangat mereka bersedia latihan hingga larut malam, tanpa mengabaikan tugas mereka sebagai pelajar, biasanya latihan dimulai setelah tugas sekolah mereka selesai dikerjakan, ini merupakan contoh yang baik, menjadikan lomba ini sebagai hobi dengan tetap fokus mengutamakan pendidikan. Sekolah sangat mendukung penuh kegiatan ini, kami berharap tim e-sport SMALA bisa meraih prestasi yang lebih besar lagi, dan pesan kami kepada semua anggota tim e-sport SMALA untuk tetap mengutamakan fokus pendidikan, menjaga sikap, dan tutur kata yang baik selama bertanding. Karena image seorang gamers umumnya dicap kurang baik dalam beberapa hal, dan di sini kami ingin membentuk gamers SMALA yang mempunyai akhlak yang baik dan bisa berprestasi dalam pendidikan maupun dunia e-sport."

      Sementara kepala SMA Negeri 5 Samarinda Dra. Budi Setyowati, M.Pd. Turut memberikan tanggapannya, ”Padahal kami baru pertama kali mengikuti lomba, Alhamdulillah ternyata hasilnya membanggakan. Peminatnyapun banyak sehingga harus melalui proses seleksi. Sebenarnya, jika semua bidang atau kegiatan ekskul yang kami punya sudah siap seperti ini, meskipun banyak lomba dadakan Insya ALLAH kami dapat juara meskipun baru pertama kali ikut. Pihak sekolah akan mendukung dan tidak perlu khawatir masalah dana, perkara menang itu bonus. Beliau juga berpesan, ”Pokoknya siswa-siswi SMA Negeri 5 Samarida harus semangat karena sekolah akan selalu mendukung. Tahun lalu banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan karena covid-19, mudah-mudahan di tahun ini dengan mulainya PTM (Pembelajaran Tatap Muka) siswa bertambah semangat.”

Info Update bisa dilihat juga melalui akun instagram, klik menu di bawah :

 

Bagikan Ke:

Populer