0541-7773797
info@sman5samarinda.sch.id
Jl. Ir.H.Juanda No.01 RT.17, Air Putih
blog-img
12/11/2020

PENGGUNAAN APLIKASI TEAMS DAN OFFICE 365 UNTUK KBM SMA NEGERI 5 SAMARINDA

Admin SMALA | SMAN 5 SAMARINDA

Dalam rangka meningkatkan efektifitas pembelajaran secara daring, KBM yang sudah berjalan menggunakan google classroom, zoom meeting, video pembelajaran lewat youtube, ujian berbasis online, dll. maka SMA Negeri 5 Samarinda akan memanfaatkan aplikasi Office 365 / aplikasi TEAMS. Pihak Sekolah sudah menyiapkan fasilitas dan membuat akun Microsoft Office 365 untuk seluruh Guru dan Siswa secara gratis full version selama terdaftar sebagai Guru dan Siswa di SMA Negeri 5 Samarinda. untuk mendapatkan email dan password silahkan hubungi wali kelas masing-masing.
Keunggulan aplikasi ini dibanding dengan aplikasi-aplikasi yang kita pergunakan sebelumnya, yaitu memiliki fitur yang lebih lengkap, bisa melakukan meeting atau pembelajaran tatap muka secara online dengan peserta yang lebih banyak dan waktu yang panjang, bisa melakukan panggilan suara dan panggilan video personal atau dalam group, akses dan berbagi file lebih mudah, terintegrasi ke banyak fitur pada Microsoft Office 365, dan masih banyak lagi.


Langkah-langkah singkat penggunaan aplikasi TEAMS untuk pembelajaran :

1. Silahkan instal aplikasi TEAMS melalui playstore atau appstore.

                           ↑↑↑
KLIK UNTUK PENGGUNA ANDROID

2. Buka Aplikasi TEAMS, Lalu masukan email yang sudah diberikan oleh pihak sekolah (....@sman5smd.sch.id).

3. Lalu masukan sandi yang sudah diberikan oleh pihak Sekolah (perhatikan huruf besar, huruf kecil, dan angkanya harus sesuai seperti yang diberikan).


4. Perbarui sandi, masukan sandi lama dan buat sandi baru (hal ini dilakukan saat pertamakali menggunakan email yang diberikan oleh sekolah)
Note : PASTIKAN SANDI MINIMAL TERDIRI DARI 8 KARAKTER, HARUS TERDAPAT HURUF BESAR, HURUF KECIL DAN ANGKA.

 


5. Aplikasi TEAMS sudah siap digunakan.


Langkah-langkah untuk join kelas :

1. Pilih menu Tim di area bawah.

2. Pilih menu di area kanan atas seperti pada gambar berikut.


3. Pilih bergabung dengan tim menggunakan kode.

 


4. Masukan kode kelas, maka otomatis anda akan bergabung dengan kelasnya.

 


Penggunaan aplikasi TEAMS ini hampir sama dengan google classroom yang sudah biasa kita gunakan di SMA Negeri 5 Samarinda, tetapi ada tambahan beberapa fitur agar pembelajaran secara daring bisa berjalan lebih efektif, biasanya kita menggunakan aplikasi tambahan seperti zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka online dengan peserta terbatas dan waktu yang terbatas, tetapi pada aplikasi TEAMS ini sudah ada fitur meeting dengan peserta yang lebih banyak dan waktu yang panjang, bisa juga melakukan panggilan suara atau panggilan video personal maupun group.

Selain aplikasi TEAMS ini, seluruh Guru dan Siswa masih bisa mendapatkan banyak aplikasi Office 365 lainnya dengan full lisensi yang sudah di daftarkan oleh pihak Sekolah.
Bisa di akses melalui link :

https://portal.office.com

(login menggunakan email dan password yang diberikan oleh pihak Sekolah)

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan Ke:

Populer